Cara Membuat Artikel Pilar Yang Bagus

Cara Membuat Artikel Pilar Yang Bagus

Kali ini Blog Digital Cilacap Channel akan membahas mengenai Cara Membuat Artikel Pilar Yang Bagus. Perlu diketahui sebuah blog menurut Saya membutuhkan beberapa artikel pilar yang sangat membantu untuk seo keyword blog agar bisa mendukung untuk masuk pada halaman pertama di google search. Tapi sebenarnya apa itu artikel pilar ? Baik Saya akan membahas mengenai apa itu artikel pilar menurut versi blog Digital Cilacap Channel. Artikel pilar adalah artikel yang berisi mengenai keyword utama dari sebuah blog, keyword utama ini mendukung beberapa kategori yang wajib ditampilkan pada blog. Jadi jika kita memiliki blog dengan jumlah artikel yang terbatas, lebih baik dibuatkan beberapa artikel pilar yang mengaitkan keyword beberapa artikel utama blog kita. Nah untuk menguatkan artikel pilar didalam blog kita, Anda perlu membuat beberapa artikel pendukung yang berfungsi menguatkan artikel pilar tersebut. Berikut beberapa ilustrasi dalam membuat artikel pilar.


Misalnya Anda memiliki sebuah blog yang membahas mengenai makanan dan minuman, kita perlu membuat beberapa kategori blog terlebih dahulu, misalnya kategorinya : resep makanan Indonesia, minuman khas jawa dan beberapa kategori lainnya. Nah masing-masing kategori tadi, lebih baik kita buatkan artikel pilar. Misalnya kategori Resep makanan Indonesia, kita buatkan artikel pilar yang memiliki keyword kategori tersebut. Setelah selesai dibuat, kita buat beberapa artikel pendukung artikel pilar kategori tersebut, dan jangan lupa kaitkan artikel pendukung pilar untuk di link kan ke artikel pilar tersebut. Dan seterusnya sampai semua kategori memiliki artikel pilar sendiri-sendiri.

Sebelu masuk cara membuat artikel pilar, terlebih dahulu kita mengetahui beberapa syarat artikel pilar yang bagus. Artikel pilar dikatakan bagus, menurut saya harus memenuhi syarat sebagai berikut.
-       Judul mengandung keyword utama kategori blog
-       Jumlah kata pada artikel pilar minimal 1500 kata
-       Artikel Pilar memiliki alur topik yang beruntut, alias jalan ceritanya sesuai urutan, tidak loncat-loncat.
-       Masing-masing artikel pilar wajib dibantu dengan artikel suplemen (saya katakana artikel suplemen, dikarenakan untuk memperkuat artikel pilar itu sendiri).
Itulah beberapa syarat yang menurut saya wajib dipenuhi dalam membuat artikel pilar. Mungkin masing-masing blogger memiliki versi tersendiri dalam membuat artikel pilar. Tapi intinya sama, yaitu jumlah kata wajib banyak dan memiliki alur yang beruntut om.

Nah, untuk topik pemahasan yang utama, berikut langkah-langkah dalam membuat artikel pilar yang bagus :
  1. Anda wajib riset keyword yang sesuai dengan topik blog Anda. Untuk riset keyword Anda bisa menggunakan google keyword planner, karena menurut saya Tool google ini valid. Namun Anda bisa menggunakan beberapa tools riset keyword lainnya, seperti keywordtool.oi, google trends, ezkeyword atau lainnya. Tapi menurut saya Anda lebih dahulu riset keyword pada google trends, hal ini dimaksud untuk mencari trends topik yang sedang banyak dicari, baru kemudian topik yang ketemu di google trends Anda kembangkan dengan riset keyword dengan tools tersebut.
  2. Setelah Anda temukan keyword yang dicari, kumpulkan keyword-keyword yang Anda temukan. Saring keyword yang relevan untuk blog Anda. Kemudian cari keyword yang sudah Anda pilih dalam search google menggunakan allintitle. Hal ini digunakan untuk menemukan bahwa keyword itu statusnya hard, easy, atau very easy. Saran saya gunakan keyword yang persaingannya sedit dan memiliki CPC yang lumayan, saya biasanya menggunakan very easy saja, agar lebih mudah dalam peringkat halaman di goole. Setelah Anda mengetahui status keyword tersebut dan jumlah persaingannya berapa dan data pencariannya per bulan berapa, Kumpulkan atau pilih keyword yang berstatus very easy saja terlebih dahulu. Untuk lebih detail dalam menentukan keyword very easy, Anda bisa melihat artikel Cara Menentukan Keyword Very Easy di blog Digital Cilacap Channel.
  3. Keyword very easy yang sudah Anda kumpulkan, itu dijadikan sebagai bahan untuk membuat artikel pilar. Silahkan Anda kembangkan menurut Bahasa narasi Anda sendiri-sendiri dan gabungkan keyword very easy di dalam artikel pilar sehingga jumlah kata lebih dari 1000 kata, mungkin lebih malah bagus menurut saya.
  4. Masukan judul artikel pilar didalam artikel tersebut, maksimal tiga kali. Anda bisa memasukannya pada awal artikel, ditenngah dan di akhir artikel.
  5. Setelah Anda selesai menulis artikel pilar, dan syarat sudah terpenuhi semua. Silahkan sisipkan dua link yang mengarahkan ke blog Anda atau halaman blog utama Anda. Misalanya www.DigitalCilacapChannel.blogspot.com. Link blog Anda sisipkan di salah satu keyword pada awal artikel di paragraph pertama dan di akhir artikel pada paragraph terakhir.
  6. Kemudian posting artikel pilar yang sudah Anda buat tadi, share ke google plus, sosmed dan wajib di share ke google console om.
  7. Setelah Anda membuat artikel pilar, silahkan Anda mencicil untuk membuat artikel suplemen pilar untuk membantu kekuatan artikel pilar yang sudah dibuat. Dalam membuat artikel suplemen pilar ini, jumlah kata minimal 350 kata menurut saya, tidak harus Panjang.
  8. Setelah jadi artikel suplemen pilarnya, silahkan sisipkan link artikel pilar Anda di dalam artikel supplemen pilar Anda. Sama seperti artikel pilar, maksimal dua link. Awal dan akhir.
  9. Usahakan untuk membuat artikel suplemen pilar minimal 3 buah ya om, lebih banyak lebih bagus.
  10. Buat artikel pilar yang kedua dan seterusnya pada masing-masing kategori.
Itulah beberapa langkah dalam membuat artikel pilar yang bagus menurut digital cilacap channel. Mungkin beberapa dari Anda yang kurang setuju atau menyukai artikel pilar yang saya bahas ini, silahkan Anda bisa koment positif dan kritik dan saran dan berbagi informasi lainnya. Agar kita bisa saling melengkapi.


Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara membuat artikel pilar yang bagus versi blog digital cilacap channel. Kurang lebihnya mohon maaf. Selalu kunjungi blog saya ini untuk update artikel terbaru. Salam ngeblog om.!

0 comments

Post a Comment

Follow by Email